Tuesday, March 3, 2009

kolesterol

nah, awal2 taon kemaren temen gue ada yang tes kolesterol tuh. dan yahhhh ! masa dia yang bukan pemakan segala seperti gue aja kolesterolnya kelebihan ?!

apa kabar kolesterol gue ye ? huahahahakk..
secara ya, gue mah bener2 pemakaaaannn segalaaaaanyaaaahhh.. jeroan gue makan, babi gue makan *doyan malah*, santen, seafood, blahblah..
trus apa ceritanya gue nggak mau tes kolesterol ? hehehehehhehehehehee... :D
bukan karena gue takut gue ngeliat hasilnya gue itu kolesterol.. bukann.. ! tapi gue takut disuntik !! sakit nyong !
padahal kemaren2 ini temen gue sempet yang niat mo nganterin gue ngambil darah buat tes kolesterol gitu. tapi gue ogah. takut nyonggg !! heuhehehe..

trus tadi iseng menggugel, dari web di situ ada daftar makanan yang aman, ampe yang kudu dipantangin. nah lho nah lhooo..

Jenis Makanan Kolestrol
(mg/10 gr)
Kategori
Jenis makanan yang aman dikonsumsi karena kadar kolestrol yang rendah
Putih telur ayam 0 sehat
Teripang 0 sehat
Susu sapi non fat 0 sehat
Daging ayam / daging bebek pilihan tanpa kulit 50 sehat
Ikan air tawar 55 sehat
Daging sapi / daging babi pilihan tanpa lemak 60 sehat
Daging kelinci 65 sehat
Daging kambing tanpa lemak 70 sehat
Ikan ekor kuning 85 sehat
Jenis makanan yang boleh dikonsumsi sekali-kali
Daging asap (ham / smoke beef) 98 sekali-sekali
Iga sapi 100 sekali-sekali
Iga babi 105 sekali-sekali
Daging sapi 105 sekali-sekali
Burung dara 120 sekali-sekali
Ikan bawal 120 sekali-sekali
Jenis makanan yang perlu diperhatikan untuk dikonsumsi karena kadar kolestrol yang cukup tinggi
Daging sapi berlemak 125 hati-hati
Gajih sapi 130 hati-hati
Gajih kambing 130 hati-hati
Daging babi berlemak 130 hati-hati
Keju 140 hati-hati
Sosis daging 150 hati-hati
Kepiting 150 hati-hati
Udang 160 hati-hati
Kerang 160 hati-hati
Siput 160 hati-hati
Belut 185 hati-hati
Jenis makanan yang berbahaya untuk dikonsumsi karena kandungan kolestrol yang tinggi.
Santan 185 berbahaya
Gajih babi 200 berbahaya
Susu sapi 250 berbahaya
Susu sapi cream 280 berbahaya
Coklat 290 berbahaya
Margarin / Mentega 300 berbahaya
Jeroan sapi 380 berbahaya
Jeroan babi 420 berbahaya
Kerang putih / tiram 450 berbahaya
Jeroan kambing 610 berbahaya
Jenis makanan yang pantang untuk dikonsumsi karena kandungan kolestrol yang sangat tinggi.
Cumi-cumi 1170 pantang
Kuning telur ayam 2000 pantang
Otak sapi 2300 pantang
Otak babi 3100 pantang
Telur burung puyuh 3640 pantang

nah !
ham gue lagi makan mulu nih uda 2 minggu. hauhahaha. secara ya kalo lagi males masak, ya gorenglah itu ham... wekkekekekekk..
dan tiraaaaamm !! nah, gue abis beli tiram.. mmm.. ada kali ya bisa buat 3x makan. hueheheheh. ini gue baru bikin tiram lagi.. ckckckck. tinggi bok ternyata kadar kolesterolnya. kaga heran leher gue kenceng ajeeee~

gue baru tau lho itu mentega termasuk kadar kolesterol tinggi.. huehehee.. :D
dan itu otak sapi !! OH NO !! itu kan salah satu masakan padang yang gue demen gilak. masa iya kudu dipantangin ! hueeeeeeeeee~
trus itu ngerokok ternyata bisa meningkatkan kadar kolesterol juga tohh... *senyumsenyumsetan* rasanya ada yg perlu dipaksa berenti ngerokok nih !! :p

smoga dalam beberapa minggu gue memberanikan diri ngetes kadar kolesterol eke yak... kenapa sih kudu diambil darah yang sesuntikan itu !! kalo cuma dicocol ujung jari kan gue mampuuuuuuuuuuuuu !!

1 comment:

  1. [...]Low Cholesterol Foods. When you first learned that your cholesterol level is too high, you might start to imagine the illnesses you will have to suffer if you cannot reduce the cholesterol level in your blood[...]

    ReplyDelete