Sunday, November 15, 2009

tips for budget trip to Spore.

sekalian gue share di sini berhubung kemaren sempet ditanya2in temen abis berapa kira2 sekali jalan k Spore.. :) HTH !

gue uda 2 kali ke Spore pake biaya yang kata gue mayan bolelah buat kantong gue *dan babeh sebagai penyandang dana tetap :D*, kira2 below 1000 deh udah termasuk tiket dan nginep. dan masih bawa kembalian balik ke indo. hahaha.. :D terakhir malah cm abis 700 buat 10 hari pergi Jkt - Spore - KL - Jogja.

so, let me share di sini deh. hehehe.. :)

1. Tiket

pesen tiket jauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuhhh hari. dengan catatan udah pasti pergi dan uda dapet tanggal pastinya. karena makin jauh2 hari mesennya, makin murah. airlinesnya terserah si gue bilang, tapi airlines yg pernah gue coba bisa jadi pembanding..
  • Airasia, 2x gue naek airasia ke Spore, smua lewat batam, berhubung waktu itu belom ada free fiskal ya, setelah itungitung bolakbalik lewat batam dan naek ferry jauh lebih murah. :) kira2 less than 1 juta deh buat tiket aja. minusnya : bagasi dikit ! gue sempet excess 7 kilo dan kudu bayar, tp murah sih 250rb aja kira2 kalo dikurs ke rupiah. trus ga dapet apa2, bener2 cuma kursi buat duduk doang. minum aja kaga dapet.
  • Valuair, terakhir gue naek valuair, cuma 35 USD. plus dapet jatah bagasinya 20 kilooooo !! bandingin sama airasia yg cuma 15 kilo ya kayanya ? please cek jenis tiketnya ya, ada 2 tipe, ada yg cuma dapet jatah handcarry doang, ada yg bagasi 20 kilo. webnya helpful kok ! hehe.. :) oiya, di valuair masih dapet cemilan, kemaren muffin ama aer putih sih.
2. Tempat nginep

gue ini paling ga rela kalo pegi2an dan kudu bayar tempat nginep sama tiket mahal. so, cari yg paling murah buat 2 ini. hahaha. kalo dapet tempat nginep gratisan sih lebih bagus ya. hehehe.. :)
sewa apartment udah paling murah deh, ato backpacker hotel, ato numpang rumah temen. :p
cari tempat nginep mahal-mahal pun toh cuma dipake mandi ama molor doang, pagi2 pasti uda cabs dan pulang pasti malem buta kan, kaki uda cape ga bisa ngapa2in cm bisa molor ! *pengalaman pribadi*

imo, yang penting sih tempatnya strategis alias deket kemana2 ya, deket ke mrt juga bolelah biar rada pinggir juga. soale kalo stay di rada minggir2 dari central bisa rada lebih murah sih, cm ya rada boros dikittttt buat bayar transportnya ya. tapi ga berasa lah itu mah. hehehe.. :)

3. Belanja !

ini mah gimana budget belanja aja sih ya. hahaha.. beberapa barang ada yang lebih murah di sini, ada yg lebih murah di indo, ada yang ga beda2 jauh, so.. shop wisely. hahaha..

biasa sih gue cari yang di Indo ga ada, yang lagi gue demen sih Cotton On ya. murah meriah lucu2 lagi. dan di Indo ga lengkap koleksinya di Heritage itu. hihih.. slaen itu..
  • Charles and Keith, ada item2 yang ga masuk indo tuh, gue pernah beli sepatu warna putih di sini, modelnya sih masuk ke Indo, tapi warnanya cuma ada silver ama gold doang. aneh. hahaha.. tapi sekarang harganya ga beda jauh2 amat ya ama indo ?
  • Giordano, Baleno, Samuel Kevin, dkk buat basic itemnya, lebih murah di sini. hehehe
  • Make Up Thingy ! yang suka drug store brand monggo ke Watsons, ato bisa cek2 ke FairPrice.. :p ngga gitu update sih ya ama harga mekap di sini, belom jalan2 lagi menjelajah bagian mekap. hahaha
  • BUGIS is a MUST. berasa di mangdu sih, tapi rata2 udah fix price, tapi bisa lah sedolar dua dolar. :p kudu teliti ya cari barang, takutnya jaitannya gimanaaa gitu. hehe.. :)
  • trus gue sih suka ya handbag perllini, di Indo ada sih masuk ke Metro. tapi perasaan lebih murah di sini sih... naksir dompet gue, cuma 15 dollar. yuk mariiii !! hahaha
  • Ikeaaaaaa ! yang suka beli printilan, tolong dompetnya digembok kalo ke sini. hahaha.. :p
kalo pas lagi musim liburan biasanya *biasanyaaaaa* suka ada promo +disc brapa gitu kalo nunjukin paspor. jadi... lakukanlah ! ahhaha.. :D

4. Makan

Gimana perut aja deh ini mah. hehehehe.. yang pasti sih makan di foodcourt biasanya lebih murah daripada makan di resto ya. :) biasanya sih gue budgetin 15 dollar sehari buat makan dan minum. cukup kok. hehehe.. :)

5. Et cetera
  • Berhubung ini budget trip, dan gue perginya ama temen tentunya, bukan sama ortu *kalo ama ortu mah bukan budget trip judulnye* :p cari temen yang sehati sejiwa sepenanggungan bisa diajak jalan kemana2, bisa capek kemana2. berhubung di sini kan kemana2 jalan kaki, bisa sih naek taxi, tapi bus + mrt kan lebih murah ! *budget trip, remember ?* :D
  • bawa counterpain. believe me, it really helps. :)
  • buat packingan, bawa baju yang simpel2 aja, tees and short will do best ! pake yang bisa padupadan jadi ga ribet bawa barang, lumayan kan jatah bagasinya ? :p yang bisa dishare ama temen, bagi2 aja bawaannya. :)
  • Spore nggak cuma shopping doang lohhhh, sightseeing juga okeeee ! hehehe. snapsnap foto gitu juga seru ! hehehe.. :) malah, lebih murah dari shopping ! hahahaha.. :p secara cuma perlu bawa badan ama kamera doang. :p kalo mau ke museum juga bayar berapa doang kan paling, gue pernah ke museum masuk gratis gara2 pas jam lunch, nggak tau sih di semua museum gitu ato emang lagi hokinya saya. hehehe.. :)
woagh, panjang ! hahahaha
sekarang baru inget segini doang, nanti deh ya sambil jalan gue tambah-tambahin.. heheheh.. :)

No comments:

Post a Comment